Musrenbangdes dalam Rangka Penyusunan Rancangan RKPDesa 2024

  • Sep 22, 2023
  • ADMIN

Bertempat di Aula Desa Arjowilangun telah dilaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa dalam rangka Penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun 2024. Dilaksanakan pada hari kamis 21 september 2023. Kegiatan dihadiri dari unsur Kepala Desa dan Perangkat Desa, Camat Kalipare, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), Pendamping Desa, tenaga kesehatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, kelompok perempuan.

Kegiatan diawali dengan sambutan-sambutan, penyampaian materi serta acara inti yaitu musrenbangdes. Dalam sambutannya Kuswianto, S.Pd Kepala Desa Arjowilangun menyampaikan, bahwa yang sedang dimusyawarahkan adalah rancangan RKP Desa tahun 2024 yang kemudian nanti akan dilakukan penetapan dan selanjutnya akan disusun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa).

Suwoto selaku Anggota BPD Desa Arjowilangun, berharap pembangunan dapat terlaksana sesuai dengan yang direncanakan sehingga memberikan manfaat yang maksimal untuk masyarakat desa. Dalam proses pembangunan di Desa Arjowilangun BPD juga aktif dalam proses pengawalan kegiatan, pungkas Kepala Desa Arjowilangun.

Usulan dalam RKP Desa 2024 adalah turunan dari RPJM Desa. Di desa ada wilayah kerja kewenangan kabupaten, silahkan melaksanakan pembangunan sesuai kewenangan desa, Kata Nanang (Kasi Pemerintahan Kecamatan Kalipare) dalam sambutannya.

Musrenbangdes adalah forum yang outputnya membahas dan menyepakati Rancangan RKP Desa 2024, setelah selesai dimusyawarahkan baru ditetapkan menjadi Perdes RKP Desa 2024, Kata Sultoni selaku Pendamping Desa Kecamatan Kalipare. Dalam proses penyusunan RKP Desa Pendamping Desa memberikan pendampingan maksimal sesuai dengan aturan yang berlaku.

Musrenbangdes inti kegiatan adalah membahas dan menyepakati rancangan RKP Desa tahun 2024, membahas dan menyepakati Pemegang Kekuasaan dan Pengelolaan Keuangan Desa (PKPKD, membahas dan menyepakati Pelaksana Pengeloaan Keuangan Desa (PPKD), membahas dan menyepakati Tim Pengelola Kegiatan (TPK). (ndk)