HAUL MBAH DEMANG MERTOWIJOYO 2024

  • Jan 17, 2024
  • ADMIN

Haul merupakan sebuah tradisi yang dilakukan untuk memperingati meninggalnya seorang muslim, baik orang tua kita maupun seorang ulama atau pun para syuhada. Tradisi ini bertujuan untuk meneladani, mengenang kembali, serta mendoakan orang yang telah meninggal tersebut.

Di Indonesia, tradisi haul telah lama dilakukan oleh masyarakat Muslim. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya acara haul yang diselenggarakan setiap tahunnya, baik di tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, maupun nasional.

Kegiatan haul memiliki berbagai manfaat, baik bagi pribadi maupun masyarakat. Bagi pribadi, kegiatan haul dapat menjadi sarana untuk mengingat kembali kebaikan-kebaikan orang yang telah meninggal, serta meneladani sifat dan perilakunya. Selain itu, kegiatan haul juga dapat menjadi sarana untuk mendoakan orang yang telah meninggal agar mendapat tempat yang mulia di sisi Allah SWT.

Bagi masyarakat, kegiatan haul dapat menjadi sarana untuk mempererat tali persaudaraan, meningkatkan kesadaran beragama, dan memperkuat nilai-nilai keislaman. Selain itu, kegiatan haul juga dapat menjadi sarana untuk melestarikan budaya dan tradisi Islam.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka kami bermaksud untuk menyelenggarakan kegiatan haul untuk memperingati Mbah Demang Mertowijoyo yang merupakan bedah karawang Desa Arjowilangun Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang.

 

SUSUNAN KEGIATAN

HAUL  MBAH DEMANG MERTOWIJOYO KE-27

DESA ARJOWILANGUN KECAMATAN KALIPARE

TAHUN 2024

NO.

HARI/TANGGAL

WAKTU

URAIAN KEGIATAN

1

Kamis Pon,

1 Januari 2024

06.00 WIB - Selesai

1. Pembacaan almarhum

2.Tawasul Fatihah

3. Istighosah

4. Kotmul Qur'an 9x

5. Do'a kotmul Qur'an

6. Tahlil

7.  Do'a tahlil

15.00 WIB - Selesai

1. Tawasul Fatihah

2. Pembacaan sholawat dala'ilul Khoirot

3. Do'a

2

Jumat Wage,

2 Januari 2024

18.00 WIB - Selesai

1. Tawasul Fatihah

2. Istighosah

3. Pembacaan Manakip

4. Do'a

5. Maulidur Rosul

6. Do'a maulidur rosul

7. Mau idzoh Hasanah/Pengajian Umum

8. Do'a penutup.

 

TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan Haul Mbah Demang Mertowijoyo Ke-27 akan dilaksanakan bertempat di Depan Padepokan Mbah Demang Mertowijoyo Dusun Pangganglele Desa Arjowilangun.