Penguatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa Arjowilangun bersama Pendamping Desa

  • Jun 15, 2024
  • ADMIN

Badan Permusyawaran Desa (BPD) merupakan lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk Desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis. Di Desa Arjowilangun Penguatan kapasitas terhadap BPD perlu dilakukan agar dapat berperan sesuai tugas pokok dan fungsi BPD yang tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa. 

Bertempat di Aula Balai Desa Arjowilangun telah dilaksanakan kegiatan sharing session BPD bersama Pendamping Desa (Hartatok Setia Budi dan Yusuf Siraid). Kegiatan ini diinisiasi langsung oleh BPD Desa Arjowilangun. Melibatkan Pendamping Desa dalam rangka memberikan penguatan kapasitas BPD serta hal baru agar dapat melaksanakan tupoksi dengan baik. 

Kegiatan berlangsung pada hari jumat tanggal 7 juni 2024 dihadiri oleh seluruh anggota BPD,  Pendamping desa, sekretaris desa. paparan yang disampaikan oleh pendamping desa diantaranya mulai dari tugas pokok dan fungsi BPD sesuai dengan permendagri 110 tahun 2026. penyampaiaan administrasi laporan yang harus disusun BPD setiap tahun. Sharing diskusi tentang pelaksanaan tugas BPD. Disampaikan oleh pendamping desa bahwa peran BPD dalam proses pelibatan masyarakat sangat besar sehingga perlu penguatan secara berkelanjutan. 

Harapan dari kegiatan sharing session ini dapat dilakukan secara kontinyu sehingga memberikan penguat serta pengetahuan baru yang berdampak pada pelaksanaan tugas pokok dan fungsi BPD di Desa Arjowilangun.